Friday, June 12, 2009

JK-WIN DATANG PERTAMA,TES MEGA-PRO LEBIH LAMA


JAKARTA - Slogan lebih cepat lebih baik benar-benar ditunjukkan Jusuf Kalla-Wiranto. Setelah menjadi pasangan pertama yang mendeklarasikan capres-cawapres (7/5) dan yang pertama mendaftar ke KPU, mereka juga datang lebih dulu daripada pasangan lain saat menjalani tes kesehatan kemarin. Sejak pagi mereka telah tiba di depan lobi Instalasi Medical Checkup di Rumah Sakit Perwira Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, atau di depan gedung Prof Dr Satrio. Bakal cawapres Wiranto adalah ’’pasien” yang datang pertama. Wiranto tiba sekitar pukul 07.30 WIB, menggunakan mobil Honda Elysion bernomor polisi B 2112 WU. Dia mengenakan baju hitam bergaris putih, cocok dengan celana panjang hitam yang dikenakannya.




”Kami datang pertama untuk tes kesehatan paling pertama dari tiga pasangan calon,” ucapnya kepada wartawan. Karena JK-Win –sebutan pasangan Jusuf Kalla-Wiranto– adalah pendaftar pertama di KPU, mereka dijadwalkan melakukan tes kesehatan paling awal.

Wiranto mengaku cukup optimistis dengan kondisi kesehatannya. Dia tidak memiliki persiapan apa pun untuk menjalani tes kesehatan tersebut. Selama ini tes kesehatan cukup menjadi rutinitasnya. ”Ini seperti tes kesehatan yang saya jalani setiap enam bulan. Hanya pengulangan,” terangnya.

Lima menit berselang, JK datang. Dia mengendarai Mercedes S Class W221 bernomor polisi B 2749 BQ. JK yang mengenakan batik biru muda itu disambut Ketua Subpokja Pendaftaran Bakal Capres dan Cawapres KPU Samsulbahri. Tampak juga Ketua IDI Fahmi Idris dan sejumlah tim dokter yang menangani tes kesehatan bakal capres dan cawapres.

”Saya sehat,” ujar JK sambil mengepalkan kedua tangan ke atas. Seperti halnya Wiranto, JK mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk tes kesehatan. Secara prosedur, pasien yang akan tes kesehatan hanya diwajibkan berpuasa pada malam sebelum pelaksanaan. Hanya beberapa saat JK melayani wartawan. Setelah itu dia bersama tim dokter memasuki gedung Prof Dr Satrio.

Pukul 08.05 WIB, bakal cawapres pasangan Megawati, Prabowo Subianto, tiba. Dengan mengendarai mobil Lexus bernomor polisi B 1007 PR, Prabowo masih setia dengan baju putih, mirip baju yang dia gunakan saat pendaftaran bakal calon di KPU pada 16 Mei. Beberapa saat kemudian, mobil Lexus bernomor polisi B 8471 BS yang mengantarkan Megawati muncul. Megawati yang mengenakan batik cokelat langsung beranjak menuju ruang medical checkup tanpa menggubris wartawan.

Tes kesehatan ini adalah tes pertama proses verifikasi bakal calon presiden dan wakil presiden. RSPAD ditunjuk KPU atas rekomendasi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Di antara banyak item tes kesehatan yang dilakukan dua pasangan bakal capres dan cawapres itu, tes psikologi yang paling menguras waktu. Ratusan pertanyaan dilontarkan tim dokter untuk dijawab dalam waktu satu hingga satu setengah jam.

Seperti yang dialami Wiranto. Dia pukul 13.07 WIB menyempatkan diri keluar untuk menemui wartawan, di sela-sela tes yang dilakukannya. Hanya mengenakan piyama biru milik RSPAD, dia mengatakan bahwa tes psikologis adalah tes yang paling memakan waktu. ”Ada 545 pertanyaan yang diberikan kepada saya,” kata Wiranto kepada wartawan di depan lobi gedung Prof Dr Satrio, ruang medical checkup RSPAD Gatot Subroto.

Dia menyatakan, pertanyaan yang disampaikan para tim dokter adalah parameter-parameter yang menyangkut kepemimpinan. Pertanyaan bagaimana mengatasi situasi di tengah tekanan, ada juga pertanyaan terkait IQ dan mental pribadi masing-masing calon. ”Pertanyaannya seputar bagaimana posisi kita saat menjadi pemimpin,” ujarnya.

Wiranto menilai, dibanding tes pada Pemilu Presiden 2004, tes kali ini jauh lebih lengkap. Pada saat itu, tes dilakukan di RS yang sama. Namun, kali ini pemeriksaannya lebih mendetail. Alat-alat yang disiapkan lebih modern. Pemeriksaan pun dimulai dari tes fisik, cek darah hingga pemeriksaan organ dalam. ”Karena saya dulu juga merasakan, ya, sekarang ada perbaikan,” katanya.

Hanya sekitar 10 menit Wiranto melayani wartawan. Sepuluh menit kemudian, giliran JK yang keluar menemui wartawan. Sama dengan Wiranto, JK hanya berpakaian piyama. Semua yang dialami Wiranto juga dialami JK. Bedanya, pertanyaan untuk bakal capres yang diusung Golkar dan Hanura itu lebih banyak. ”Saya ditanya 560 pertanyaan,” kata JK.

Pukul 14.57 WIB pasangan Megawati dan Prabowo juga keluar menemui wartawan. Namun, mereka hanya melambai-lambaikan tangan.

Tes kesehatan merupakan salah satu persyaratan verifikasi yang harus dijalani bakal capres dan cawapres untuk pilpres.

LEBIH CEPAT

Tes kesehatan pasangan JK-Win berjalan lebih cepat daripada perkiraan. Total sekitar tujuh jam pemeriksaan setiap calon berjalan. Padahal, rencananya pemeriksaan berlangsung delapan jam.

JK keluar paling awal, yakni sekitar pukul 14.00 WIB. Hanya beberapa saat melambai-lambaikan tangan ke wartawan, JK lantas pergi dengan kawalan dari Paspampres. Menyusul JK adalah Wiranto. Mantan Jenderal TNI itu meninggalkan RSPAD sekitar pukul 14.30 WIB.

Sementara itu, tes kesehatan pasangan Megawati dan Prabowo berjalan cukup lama. Prabowo baru meninggalkan RSPAD sekitar pukul 16.00 WIB. Prabowo mengaku tes kesehatan berjalan lancar. Hanya kondisi badannya kemarin tidak begitu sehat. ”Suara saya serak. Saya sedang flu. Mudah-mudahan tidak memengaruhi hasil tes,” katanya.

Tes kesehatan Megawati yang paling lama. Meski berkali-kali sempat mondar-mandir di sepanjang lobi depan gedung Prof Dr Satrio, Megawati tak kunjung pulang. Mantan presiden RI pengganti Abdurrahman Wahid itu baru meninggalkan RSPAD pukul 18.00 WIB. ”Saya kan yang terakhir diperiksa, makanya pulang terakhir,” kata dia saat akan menaiki mobil pribadinya.

Secara terpisah, anggota KPU Andi Nurpati menyatakan, KPU belum tentu memublikasikan hasil tes kesehatan para bakal capres dan cawapres. Dia menyatakan, kewajiban KPU adalah menyampaikan hasil verifikasi berkas yang telah diterima, termasuk hasil tes kesehatan, kepada parpol pendukung pasangan calon. ”Namun, kami tunggu dulu hasil pleno tim dokter atas tes ini,” kata Andi.

Tinggal pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono yang belum menjalani tes. Rencananya, SBY Berboedi menjalankan tes kesehatan hari ini pukul 07.30.di sunting dari www.kaltimpost.web.id



0 comments:

Post a Comment

SILAHKAN ANDA BERI KOMENTAR DIBAWAH INI